Metode tanya
jawab menurut
para ahli - Pengertian metode tanya jawab
pembelajaran - kelebihan metode tanya jawab - langkah langkah
metode tanya jawab. Silahkan sahabat baca kelebihan dan kekurangan metode
tanya jawab dibawah ini
Metode tanya
jawab adalah
suatu cara penyampaian pelajaran oleh guru dengan jalan mengajukan pertanyaan
dan murid menjawab. Metode ini dimaksudkan untuk meninjau pelajaran yang lalu
agar para murid memusatkan lagi perhatiannya tentang sejumlah kemajuan yang
telah dicapai sehingga dapat melanjutkan pada pelajaran berikutnya dan untuk
merangsang perhatian murid. Metode ini dapat digunakan sebagai spersepsi,
selingan, dan evaluasi. (Drs. Imansjah Ali Pandie; 1984, 79).
Penggunaan
metode tanya jawab dapat dinilai sebagai metode yang cukup wajar dan tepat,
apabila penggunaannya dipergunakan untuk:
- Merangsang agar perhatian anak terarah pada suatu bahan pelajaran yang sedang dibicarakan.
- Mengarahkan proses berfikir dan pengamatan anak didik.
- Meninjau atau melihat penguasaan anak didik terhadap materi/bahan yang telah diajarkan sebagai bahan pertimbangan untuk melanjutkan materi berikutnya
- Melaksanakan ulangan, evaluasi dan memberikan selingan dalam ceramah (Zuhairini, 1993)
Kelebihan
dan kelemahan metode tanya jawab
Sebagai
salah satu metode interaksi edukatif, metode tanya jawab mempunyai beberapa
kelebihan dibandingkan dengan metode lainnya. Di samping terdapat
kelemahan-kelemahannya. Menurut Imansyah Ali Pandie kelebihan metode tanya
jawab terletak pada:
- Suasana kelas lebih hidup karena murid-murid berpikir aktif.
- Sangat positif untuk melatih anak untuk berani mengemukakan pendapat secara lisan dan teratur.
- Murid yang biasanya malas memperhatikan menjadi lebih hati-hati dan sungguh-sungguh mengikuti pelajaran.
- Walaupun pelajaran berjalan agak lambat tetapi guru dapat melakukan kontrol terhadap pemahaman murid.
Sedangkan kelemahan metode
tanya jawab terdapat apabila
- Terjadi perbedaan pendapat/jawaban maka akan terjadi perdebatan sengit sehingga mamakan waktu banyak untuk menyelesaikan, terkadang murid mengalahkan pendapat guru.
- Kemungkinan timbul penyimpangan dari pokok persoalan.
- Memakan waktu yang lama untuk merangkum bahan pelajaran.
No comments:
Post a Comment