Masa-Masa Indah Di Kampus

Namaku mariel al fahd, panggilan ku riel. kadang ri. aku kuliah di akademi bahasa indonesia jurusan sastra indonesia. semester 2.
jam di dinding kelasku menunjukkan pukul 2.30 siang. berarti sebentar lagi, kuliah bakal kelar. “benar juga tepat pukul 2.35 bel pun berbunyi menandakan jam kuliah sudah selesai. “fiuhh, selesai juga akhirnya,” “ri lo berniat mau ke mall gak? hari ini?” tanya ninah sahabatku. “enggak, kenapa emang?” “ya gue mau nebeng, secara kan lo pake mobil dianter supir lo, iya kan?” ujarnya sambil merangkulku. “kayaknya kali ini supirku gak bisa jemput deh, papiku ada urusan ke luar kota jadi papiku minta di supirin. kali ini aku naik angkot and langsung pulang.” “ohh gitu. kalau naik angkot sih, enggak deh, gue minta anter nedo aja. dahh riel..” ujarnya sambil berlari ke parkiran motor. “hmm, dasar ninah..”
Aku pun nunggu angkot di depan kampus yang hampir 1/2 jam gak dateng-dateng. tiba-tiba mobil soluna hitam lewat di depanku dan berhenti. “mariel, lagi ngapain? kok siang-siang gini kamu masih di depan kampus.” pak shohiby, batinku. “nunggu angkot pak.” ucapku singkat. “ayo naik aja, biar bapak anter.” “ohh enggak usah pak, nanti juga lewat angkotnya saya gak mau ngerepotin bapak.” ujarku lagi. “udah gak pa pa, ayo masuk.” “ya udah deh kalau gitu.” aku pun masuk dan duduk di belakang.
“gimana kuliah kamu hari ini?” pak shohiby memulai pembicaraan. “baik pak. tambah susah.” “yah kamu harus banyak belajar, cita-cita kamu jadi seorang penulis kan?” “iya.” “panggil pak jihad aja, enggak usah terlalu formal.” “iya pak”. selama di perjalanan sesekali pak jihad melirikku sambil tersenyum. “oh ya rumah kamu di mana ya mariel?” tanya pak jihad. “di perumahan taman kota I, pak, masuk komplek situ, pagar biru, no 11.” “oh perumahan taman kota I, kok bisa kebetulan gitu ya?” “maksud bapak?” “saya tinggal di taman kota II.” “hah? masa? wah tetangga jauh pak” candaku.
Sesampainya di depan rumahku. “bapak mau mampir?” tawarku “maksih kapan-kapan saja. bapak pamit ya. mari..” “iya pak”, aku pun masuk ke rumah ku. “siapa tadi? pacar mu dek?” tanya kak abu. “ada dehh mau tau aja.” “eh dek, kamu jangan sembarangan jalan sama orang yang enggak di kenal.” “ehh siapa juga yang jalan sama orang yang gak dikenal, orang tadi dosen riel kok, kakak sirik aja, makanya cari pacar, jangan cuma bisanya browsing aja terus…” ucapku sambil mengambil air minum di kulkas.” “oh, dosen kamu? dosen apa dosen?” goda kak abu sambil memandangku penuh curiga. “yah dosen lah..” “udah ah kakak, godain riel terus” ucapku sambil naik ke kamarku.
“kok aneh ya, kayaknya aku naksir deh sama pak jihad, secara dia dosen termuda di kampus ku, dibandingkan dengan pak andi yang super kiler itu jauh banget. pak jihad orangnya lebih tenang, dan keren pastinya.” tiba-tiba handphoneku bunyi membuyarkan lamunanku “ya hallo, siapa nih?” “ini gue ninah.” jawabnya “ada apa nin?” “enggak, lo dianter ya sama pak jihad?” “hah? lo tau dari mana?” “yah tau aja. jangan-jangan lo cinlok sama pak jihad.” “cinlok? bahasa lo… sinetron banget, lo kata kita lagi casting.” “ahh elo, ri itu kan cuman istilah.” “oke deh pulsa gue udah mau abis nih, gue tutup dulu oke. bye,” “oke bye”. tiba-tiba ada yang mengetuk pintu “mariel, gak makan malem dek?” “gak laper, kakak duluan aja, abis papi gak ada, jadi terasa kurang lengkap.” “loh kok kamu jadi ngomong kayak gitu. papi kan kerja” “papi gak peduli sama kita.” “mariel, kamu enggak boleh ngomong kayak gitu, papi ngelakuin semua itu demi kita anak-anaknya. dan juga mami.” “mami? mami kan selalu sibuk sama urusan arisan, dan kateringnya mana punya waktu mami buat makan bersama kita.” “dek, please.. jangan ngomong gitu.” “udah ah kakak keluar sana gangguin mood riel aja.” dorongku menuju pintu kamarku dan buru-buru aku menutup pintu kamar ku dan kukunci. “maafin riel kak, riel cuman ngerasa bosen aja setiap saat kita selalu makan malem berdua. riel pengen kita berempat makan bersama. tapi kayak nya itu cuma sekedar keinginan yang gak akan pernah terwujud”.
KEESOKAN HARINYA
“pagi semua, riel berangkat ya.” “mariel, mau kemana kok buru-buru banget, enggak sarapan? ujar papi.” “nanti aja di kantin kampus rie berangkat dulu dah semua.” ucapku sambil bergegas ke garasi. “ada apa dengan adikmu abu?” “mariel mengeluh soal papi dan mai yang sibuk terus, jadi gak pernah punya waktu untuk ngumpul keluarga walaupun cuma sekedar makan malam bareng.” ujar abu. “oh itu, kan kamu tau sendiri pengiriman buku perpustakaan papi tuh selalu gak tepat waktu jadi yah mau tidak mau papi sendiri yang harus turun tangan. adik kamu itu umurnya udah 22 tahun tapi sikapnya masih kayak anak abg saja”. ucap papi. “yah tau lah pi, abu gak bisa bantu apa-apa papi jelasin aja sama mariel anak kesayangan papi. abu berangkat dulu pi ke kantor takut macet.” “aneh mi, kedua anak kita kompak sekali.” “yah namanya remaja yang beranjak dewasa kita cuma bisa mengarahkan, kalau anaknya enggak mau, kita bisa apa..”
DI KAMPUS ABI
“pak firman, entar gak usah di jemput aku pulang bareng temen.” “baik non” aku pun masuk kelas dengan wajah muram “hei, ada yang mendung nih, hati-hati nanti bisa hujan lho” ucap nedo teman kuliahku “elo ned, bisa aja, gue lagi gak mood buat bercanda, banyak masalah di rumah gue. ortu gue sibuk terus di luar rumah, jadi gak ada waktu buat aku.” curhatku. “hai sori nih ganggu ada apa sih? kok serius banget? ada yang bisa aku bantu?” “ah elo nin, nimbrung aja, orang mariel lagi bad mood juga.” “lo kenapa rie? sakit lo?” “enggak. gue fine fine aja kok”. tiba-tiba pak jihad masuk ke kelas dan menerangkan beberapa materi penulisan novel yang benar. tapi aku bener-benar gak bisa konsen dengan pelajaran favoritku itu. “Tumben banget gak bisa masuk otak, ada apa nih ma gue?” pikirku dalam hati. bel istirahat berdering, aku pun ke kantin kampus dan pesan mie ayam, plus teh manis es. “rie, lo kok sendirian aja ke kantinnya? gak ngajak-ngajak, lo marah sama gue “n” nedo?” “iya nih, gak asik lo” ucap nedo “sori, gue lagi pengen sendiri dulu.” “ohh gitu ya?”.
Tidak terasa waktu berjalan sangat cepat sehingga aku sudah masuk semester akhir tinggal skripsi dan proses sidang. setelah hari h dimana aku di sidang membahas soal skripsiku oleh beberapa dosen, tampak nedo dan ninah menunggu di luar ruangan dengan cemas. “rie, gimana? lo lulus?” tanya ninah cemas “alhamdulilah gue lulus guys.” “wahh selamat ya rie.” “gue seneng banget kita bisa wisuda an bareng.” setelah itu lewat pak jihad dengan seorang wanita cantik di sampingnya. “mariel, nedo, ninah, kenalin ini ketlin tunangan bapak”. deg! seperti ada yang menusuk hatiku. “tu..na..ngan?” ucapku. “bapak udah punya tunangan?” “iya” “hai kalian pasti murid jihad senang berkenalan dengan kalian yang bakal calon penulis hebat.” “iya. sama-sama mbak.” ujarku sambil setengah lari menuju aula kampus di lantai 2. “rie tunggu, lo kenapa sih? kok tiba-tiba lari gitu?” “nedo lo ngapain sih ngikutin gue?” “rie, gue tau lo suka kan sama pak jihad, gue bisa lihat dari mata lo setiap kali pak jihad lagi ngajar kita di kelas. tapi please, lo jangan kayak gitu, seenggaknya kan lo bisa sharing ma gue.” ucap nedo panjang lebar “sharing apa an? gak ada yang mau gue share, gue tuh udah nunggu selama kurang lebih 3 tahun untuk bisa nunjukin perasaan gue ke pak jihad tapi apa? yang ada kekecewaan yang gue dapet tau gini gue enggak akan mungkin mau jatuh cinta sama pak jihad.” “rie.. gue akan bantu lo ngelupain pak jihad.” ucap nedo. “elo? bisa apa lo ned?” “dengan ada di sisi lo, gue akan berusaha semaksimal mungkin ngebahagiain elo gue janji”. ucap nedo sambil menatapku dengan serius. “nedo, thanks ya elo bukan cuman sekedar sahabat gue yang paling baik tapi juga pendengar yang baik, lo mau kan nungguin gue sampai gue bener-bener bisa ngilangin perasaan cinta gue buat pak jihad?” “sipp. pasti” sejak saat itu nedo resmi jadi pacar aku, sampai akhirnya aku dan nedo memutuskan untuk menikah di usiaku yang ke 25 tahun
Cerpen Karangan: Dewip
Facebook: dewiprihartinitahir
nama asli: dewi prihartini tahir
nama pena: dewip
asal sekolah: pesantren al islam purwakarta, ilmu penghafalan al qur’an
alamat: perumahan griya plered indah blok III no 43 plered. purwakarta.
email: prihartinidw[-at-]yahoo.com

No comments:

Post a Comment